INFO
  • MEMBIASAKAN YANG BENAR, BUKAN MEMBENARKAN YANG BIASA

MUSDES KHUSUS KE 2 TENTANG PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA TAHUN 2020

10 Agustus 2020 Mas Bay Berita Desa Dibaca 641 Kali

Landoh, Penyampaian tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja desa tahun 2020 telah dilakukan dalam acara musyawarah desa khusus ( MUSDES KHUSUS ) ke-2 pada malam hari ini, senin tanggal 10 agustus 2020 sekira pukul 19.00 WIB yang bertempat di aula Balai Desa Landoh.

Pada acara Musdes khusus pada malam hari ini seperti biasanya dihadiri oleh tim dari kecamatan yang mana malam ini dihadiri oleh Bapak Sutarji selaku kasi PMD, lembaga desa seperti RT, RW, BPD, LPMD, KPMD, Karang Taruna, Ketua TPPKK dan juga bidan desa. Acara yang berjalan kurang lebih 2 jam berjalan dengan lancar, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan misalnya dengan memakai masker. Satu persatu acara dimulai yang mana acara pembuka yaitu sambutan dari Bapak Kepala Desa Mohammad Ali Maksum. Dalam sambutannya beliau sedikit memberikan gambaran selain perubahan anggaran dibidang pembangunan beliau juga memberikan gambaran tentang jumlah nominal bantuan dengan adanya covid-19 ini yang mana adanya penambahan jangka waktu bantuan menjadi 3 bulan lagi, akan tetapi untuk nominal dimana yang semula KPM masing - masing menerima sebesar Rp. 600 ribu setiap bulannya, untuk 3 bulan berikutnya hanya menerima Rp. 300 ribu setiap bulannya, hal tersebut disampaikan kepada para tamu undangan agar nantinya para tamu yang hadir pada acara Musdes Khusus ini bisa memberikan penjelasan kepada warganya apabila ada yang menanyakan, dan apabila masih kurang jelas bisa datang langsung ke balai desa atau bisa konsultasi dengan perangkat setempat. 

Dalam hal ini dari pemerintah desa harus menyiapkan anggaran untuk 3 bulan kedepan sebesar Rp. 160.200.000 untuk bantuan covid-19 yaitu Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT-DD ), otomatis nantinya ada pos - pos yang harus dirubah anggarannya, misal pos bidang pembangunan ataupun dibidang lainnya, dan Bapak Kades juga berharap kepada warga untuk memahami dan memakluminya apabila ada rencana pembangunan diwilayahnya apabila belum bisa terealisasi ditahun ini karena adanya efek dari pandemi.

Setelah sambutan dari bapak Kades Landoh acara selanjutnya adalah sambutan dari Bapak Sutarji selaku kasi PMD kecamatan sulang dan dilanjutkan oleh Bapak Darmani selaku ketua Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ), dalam sambutannya bapak Sutarji memberikan beberapa poin informasi, salah satunya adalah tentang adanya perubahan anggaran ini adalah salah satu mengikuti instruksi dari pemerintah, bahwa saat ini yang mana biasanya anggaran dana desa digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan akan tetapi kali ini diarahkan untuk menopang kebutuhan  masyarakat karena adanya pandemi yaitu untuk bantuan langsung tunai ( BLT ). Selain mengenai informasi perubahan anggaran Bapak Sutarji juga berpesan kepada semuanya agar tetap mengikuti protokol kesehatan di era new normal ini, karena meskipun kita sudah boleh beraktifitas seperti biasa akan tetapi menjaga kesehatan dan keselamatan tetap dijaga, misalnya harus memakai masker apabila keluar rumah, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktifitas. 

Acara yang terakhir adalah penyampaian perubahan anggaran yang disampaikan oleh Bapak Kadus I Abdul Mufti, dalam penjelasan perubahan anggaran yang disampaikan yaitu tentang kegiatan apa saja yang dipangkas atau di pending untuk dilaksanakan ditahun depan, dan pengalihan anggaran tersebut untuk apa saja.

Anggaran Kegiatan yang pangkas tahun ini antara lain :

  1. RTLH DD ( 7 rumah ) Sebesar Rp. 70.000.000,-
  2. Rabat Beton  RW 3 Lr. Al - Uswah sebesar Rp. 77.546.000,-
  3. Pemberdayaan Kader Perempuan Sebesar Rp. 36.650.000,- ( dari total anggaran awal sebesar Rp. 50.000.000,- )

Total dana anggaran yang dipangkas sebesar Rp. 184.196.000,-

Anggaran tersebut akan dialihkan ke :

  1. BLT DD selama 3 bulan x Rp. 300 ribu x 178 KPM sebesar Rp. 160.200.000,-
  2. Musdes Khusus ke 2 BLT DD sebesar Rp. 4.260.000,-
  3. PMT Balita DD sebesar Rp. 15.000.000,-
  4. Honor Admin IDMC sebesar Rp. 300.000,-
  5. Insentif Kader KPM sebesar Rp. 600.000,-
  6. Operasional KPM sebesar Rp. 600.000,-
  7. Penanggulangan Bencana Kekeringan sebesar Rp. 3.236.000,-

Total dana anggaran sebesar Rp. 184.196.000,-

Setelah penyampaian perubahan anggaran disampaikan,dan tidak ada pertanyaan dari para tamu undangan, kemudian acara ditutup oleh bapak Moh Nuril Huda dengan doa bersama. ( Mz Bay )

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar