INFO
  • MEMBIASAKAN YANG BENAR, BUKAN MEMBENARKAN YANG BIASA

MENIKMATI SEDEKAH BUMI DITENGAH PANDEMI

19 Juli 2020 Mas Bay Berita Desa Dibaca 900 Kali

Landoh, Dimasa pandemi tak hanya roda perekonomian yang terdampak, akan tetapi kegiatan - kegiatan di desa pun juga terasa sekali dampaknya, kegiatan rutin tahunan seperti acara sedekah bumi pun terasa berbeda dari tahun - tahun sebelumnya, hal ini tak membuat dari beberapa warga desa Landoh patah semangat dalam meramaikan kegiatan rutin sedekah bumi seperti yang dilakukan para ibu - ibu dari RW II dan para pemuda dari RW IV pada hari sabtu ( 18 Juli 2020 ).

Sedekah Bumi adalah kegiatan rutin tahunan yang didakan disetiap desa, kegiatan rutin tahunan tersebut adalah sebuah tradisi yang turun temurun dari nenek moyang terdahulu, kegiatan yang bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan rizki yang didapatkan dari hasil bumi baik dari hasil pertanian maupun dari hasil sumber airnya, maka dari itu beberapa warga melakukan kegiatan syukuran sedekah bumi ada yang di sumur, di sawah dan ada pula yang melakukannya di mushola - mushola, semua itu semata - mata hanya sebagai ungkapan rasa syukur kepada rahmat Tuhan YME.

Meskipun dimasa sulit seperti ini, akan tetapi kegiatan rutin seperti ini tidak boleh dilupakan, meskipun ditahun - tahun sebelumnya selalu dirayakan dengan berbagai kegiatan hiburan seperti adanya kesenian kethoprak, dangdutan, pengajian akan tetapi pada tahun ini mengingat dengan adanya pandemi, tentunya kegiatan seperti tersebut belum boleh dilakukan, karena para warga tetap mengikuti himbaun dari pemerintah untuk menaati aturan yang telah diberlakukan di masa pandemi, dengan salah satunya tidak boleh menghadirkan kegiatan hiburan yang dapat mengundang khalayak ramai. meski demikian para wargapun tetap dapat menikmati acara sedekah bumi dengan kegiatan yang sederhana, dimana para ibu - ibu dari RW II menikmati acara sedekah bumi dengan hiburan Hadrohan yang dilaksanakan malam hari di Timur dari Kantor Kepala Desa Landoh, bersama grub rebana Al Hikmah dari Landoh sendiri yang dipimpin langsung oleh Bapak Buchori Mahmud.

Meskipun acara sederhana akan tetapi antusias warga sekitar cukup baik, terliat beberapa warga juga asyik menikmati alunan lagu dari grub hadroh Al Hikmah sampai selesai. 

Tak mau kalah dari para ibi - ibu RW II, para pemuda di RW IV tepatnya di RT 3 dukuh jangglengan, para pemuda melakukannya dengan cara yang berbeda, yakni dengan acara makan bersama bersama warga RT 3, meskipun dengan makan - makan sederhana akan tetapi kegiatan ini bisa mendapat banyak manfaatnya, salah satunya bisa mempererat rasa persatuan dari warga, ujar Bapak Suharno selaku anggota Badan Permusyawaratan Desa wakil Wilayah setempat.

Tentunya harapan dari semua warga desa, semoga Pandemi ini bisa segera berakhir, agar kegiatan rutin tahunan bisa normal seperti di tahun - tahun sebelumnya. ( Mz Bay ).

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar