INFO
  • MEMBIASAKAN YANG BENAR, BUKAN MEMBENARKAN YANG BIASA

HAUL SIMBAH TAUHID TAHUN 2020

21 Juni 2020 Mas Bay Berita Desa Dibaca 906 Kali

PEMBAHASAN RENCANA HAUL SIMBAH TAUHID TAHUN 2020.

 

Landoh, Simbah Tauhid menurut para sesepuh Desa Landoh adalah merupakan salah satu tokoh penyebar agama islam yang ada di Landoh pada waktu dulu, beberapa tokoh mempercayai bahwa Simbah Tauhid adalah salah satu santri dari Sunan Bonang yang ada di Desa Bonang Kecamatan Lasem. Sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur desa, maka setiap tahun sekali dari warga desa mengadakan acara haul kirim doa untuk para leluhur yakni simbah Tauhid.

Pada malam tadi tanggal 20 Juni 2020, bertempat di halaman depan dari pesarean Makom Simbah Tauhid, panitia dari pelaksanaan Haul untuk tahun 2020 bersama para Ketua RT, RW, BPD, Kades dan Katdes dan beberapa tokoh agama dan masyarakat turut hadir guna melakukan pembahasan rencana pelaksanaan Haul Simbah Tauhid di Tahun 2020 yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 30 agustus 2020.

Pemandu Acara malam tadi dipimpin oleh bapak Kadus I yaitu Bapak Abdul Mufti, sebelum acara dimulai Doa bersama dengan pembacaan Surat Al Fatikhah secara bersama – sama. Kemudian acara kedua yaitu sambutan dari Bapak Kades Mohammad Ali Maksum, dalam sambutannya beliau sedikit memberikan informasi terkait situasi ditengah pandemi seperti saat ini, meskipun Kabupaten Rembang kemarin sempat dalam zona hijau, akan tetapi beliau juga memberikan gambaran bahwa nantinya desa juga tetap menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah kabupaten tentang himbauan dalam pelaksanaan acara – acara yang mengundang banyak orang, dan semoga Pandemi ini segera berakhir agar acara Haul bisa berjalan dengan lancar dan seperti ditahun – tahun sebelumnya. Acara selanjutmya adalah langsung ke pokok acara yaitu membahas rencana pelaksanaan Haul, Bapak Edy Waluyo selaku ketua pelaksana Haul simbah Tauhid tahun 2020 memberikan beberapa opsi terkait pelaksanaan Haul nantinya, apakah dilaksanakan apa tidak ? dan misal dilaksanakan nantinya seperti apa ?

Akhirnya dalam pembahasan rencana pelaksanaan acara Haul Simbah Tauhid tahun 2020 pada malam tadi, dari para tamu undangan menyepakati bersama dengan beberapa keputusan diantaranya :

  • Acara Haul tetap dilaksanakan, dengan mengikuti Protap yang berlaku
  • Acara hanya untuk lingkup Desa Landoh saja.
  • Pengisi Mauidoh Hasanah dari Lokal rembang ( antara KH. Syarofuddin Ismail Qoyyimas atau KH. Ahmad Chazim Mabrur );
  • Misalkan ada tamu dari desa lain akan disediakan tempat khusus;
  • Tetap diberlakukan Iuran Warga Per Kepala Keluarga minimal Rp. 10.000,- dan Pembuatan Nasi Bakul ( Nasi Berkatan ) 5 buah
  • Pembentukan Seksi – Seksi pendukung pelaksanaan Haul;

Dalam penutupan acara, Bapak Ketua Panitia Haul sedikit berharap, semoga pandemi / pagebluk ini segera berlalu, agar semua kegiatan warga dimanapun berada bisa normal kembali seperti sedia kala, dan tak lupa beliau berpesan kepada para para pemuda – pemudi desa Landoh agar bisa ikut berpartisipasi dalam acara – acara seperti Haul maupun kegiatan yang ada didesa Landoh, agar bisa menciptakan kekompakan, guyup rukun, dan bisa meningkatkan rasa saling memiliki desa Landoh. ( Mz Bay );

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar