INFO
  • MEMBIASAKAN YANG BENAR, BUKAN MEMBENARKAN YANG BIASA

PENANGGULANGAN BENCANA BERSAMA WARGA DUKUH KEDUNGLOWO

07 April 2021 Mas Bay Berita Desa Dibaca 508 Kali

Landoh, Warga dari desa Landoh dukuh Kedunglowo RW 5 pada hari Rabu ( 07 April 2021 ) tampak berduyung – duyung untuk melanjutkan gotong royong dalam menanggulangi tanah longsor akibat abrasi dari sungai yang membuat longsornya tanah pekarangan dari beberapa warga dukuh Kedunglowo.

Kegiatan gotong royong ini sudah dilakukan beberapa kali bahkan pada saat kerja bakti yang pertama selain warga desa juga dibantu oleh tim dari BPBD Kab. Rembang, PMI, Polsek, Koramil dan dari relawan peduli bencana lainnya, karna efek abrasi yang ditimbulkan begitu besar jadi kegiatan gotong royong ini tidak bisa selesai satu atau dua kali saja, bahkan menurut Bapak Sukardi selaku Kepala Dusun dari RW 5, menuturkan bahwa kegiatan ini sudah yang ke empat kalinya, dan menurut beliau kegiatan ini akan dilanjutkan setelah selesai hari raya Idul Fitri kelak karena sebentar lagi sudah datang bulan puasa, jadi kasian warga apabila puasa – puasa kita ajak kerja bakti.

Melihat medan dan efek yang ditimbulkan dari abrasi ini, memang membutuhkan banyak sekali material baik pasir atau tanah urug maupun bebatuan, dimana batu – batu besar digunakan untuk menahan tanah agar tidak longsor kembali dan pasir atau tanah urug digunakan untuk membuat tanggul yang dimasukkan kedalam karung.

Meskipun medan yang naik turun, akan tetapi warga bersama – sama dengan perangkat Desa, Babinsa, Babinkamtibmas dan lembaga desa yang lain tetap semangat dalam melaksanakan kerja bakti tersebut.

Menurut Bapak Kepala Desa Mohammad Ali Maksum, dengan semangat kebersamaan seperti ini semoga bisa menjadikan contoh untuk warga yang lain, karena dalam kegiatan ini tidak hanya bapak – bapak maupun pemuda saja, akan tetapi ibu – ibu dari dukuh Kedunglowo pun ikut turut berperan, misalkan bapaknya yang kerja bakti, ibunya yang menyiapkan makanan untuk nanti dimakan bersama – sama pada saat istritahat siang hari, sehingga satu sama lain saling membantu pungkasnya. ( Mz Bay )

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar