INFO
  • MEMBIASAKAN YANG BENAR, BUKAN MEMBENARKAN YANG BIASA

Pembuatan MOL sebagai Pupuk Organik

28 Juli 2020 Mas Bay Berita Desa Dibaca 763 Kali

Landoh, Ibu - ibu di wilayah RW 2 yang tergabung dalam kelompok wanita tani ( KWT ) merah delima, bersama - sama mebuat MOL sebagai pupuk organik, apa itu MOL ?

Pada hari selasa ( 28 Juli 2020 ) dengan didampingi ibu Yunarni, ibu - ibu KWT Merah Delima RW 2 bersama - sama membuat Mikro Organik Lokal atau disebut MOL, apa itu MOL ? MOL adalah sekumpulan mikroorganisme yang bermanfaat sebagai starter dalam penguraian, fermentasi  bahan organik menjadi pupuk organik padat maupun cair. Menurut Ibu Yunarni, dalam pembuatan MOL ini membutuhkan waktu sekira 21 hari atau 3 minggu baru bisa digunakan sebagai pupuk tanaman,  bahan yang digunakan juga mudah didapatkan sehingga apabila ibu - ibu mau membuat sendiri tentunya sangat mudah, diantaranya air tetes tebu, cairan air beras atau sering disebut leri, air, bonggol pisang, menurut Ibu Yunarni, air tetes tebu sebetulnya bisa diganti dengan gula, baik gula pasir maupun gula jawa, akan tetapi berhubung harga gula yang cukup lumayan mahal lebih baik menggunakan tetes tebu saja selain juga mudah didapat dan harganya pun murah, 1 botol sekira 11 ribuan, tuturnya.

Para ibu - ibu dari KWT Merah Delima sangat antusias mendapatkan pelatihan dari Ibu Yunarni, menurut Ibu Siti Rubiah selaku Ketua dari KWT Merah Delima, tentunya kegiatan pelatihan pembuatan MOL seperti ini sangat penting dan banyak berguna sekali bagi Ibu - Ibu yang ada di KWT Merah Delima, yang mana nantinya ilmu yang telah kita dapatkan bisa kita tularkan ke warga yang membutuhkan. ( Mz Bay )

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar