INFO
  • MEMBIASAKAN YANG BENAR, BUKAN MEMBENARKAN YANG BIASA

PELAKSANAAN MUSDES PERTANGGUNG JAWABAN APBDes 2019 dan MUSRENBANGDes

16 Januari 2020 Mas Bay Berita Desa Dibaca 617 Kali

 

MUSDES Pertanggung Jawaban APBDes Tahun 2019 

MUSRENBANGDes Penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan tahun 2020

Dan

Usulan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2021

Desa Landoh Kec. Sulang Kab. Rembang

 

Landoh, Bertempat di Balai Desa Landoh Kec. Sulang Kab. Rembang pada tanggal 15 januari 2020 pukul 09.00 wib, diadakan MUSDES Pertanggung jawaban APBDes Tahun 2019 sekaligus MUSRENBANGDes Penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan tahun 2020 dan usulan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2021. Dalam acara tersebut selain dihadiri oleh perwakilan dari lembaga Desa, warga dan para tokoh masyarakat juga di hadiri oleh tim dari kecamatan sulang, Polsek sulang dan dari Koramil sulang. Dimana dari kecamatan sulang Bapak Camat Sulang Drs. Slamet Haryanto, M.Si belum bisa hadir untuk memberi sambutan dan arahan dikarenakan ada acara Kesiapsiagaan Bencana di Embung Banyukuwung Desa Sudo bersama Personel dari Kepolisian, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) , Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, PMI dan Satpol PP, sehingga diwakili oleh Bapak Sutarji selaku Kasi PMD Kecamatan Sulang.

Untuk Acara yang pertama MUSDES dan MUSRENBANGDes  adalah menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan pembacaan Doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Kasi Kesra Desa Landoh Moh. Nuril Huda.

Sambutan yang pertama adalah sambutan dari Bapak Kepala Desa Landoh Mohammad Ali Maksum, dalam sambutannya beliau sedikit memberikan gambaran tentang besarnya jumlah Dana yang telah diterima oleh Pemerintah Desa sekaligus tentang kegiatan – kegiatan yang telah selesai dilaksanakan di tahun 2019. Beliau juga berpesan kepada seluruh warga yang datang pada malam itu agar aktif menyampaikan usulan, gagasan tentang pembangunan desa kepada Pemdes agar Pemdes Landoh bisa lebih baik lagi kedepannya.

Setelah sambutan dari Kades desa Landoh, kemudian sambutan dari Kecamatan Sulang dimana bapak Sutarji sebagai pembicaranya. Banyak sekali yang disampaikan oleh bapak Sutarji diantaranya beliau memberikan informasi bahwa usulan MUSRENBANGDes ini nanti akan dibawa ke MUSRENBANGCam, dan beliau berpesan kepada Pemdes Landoh agar meningkatkan lagi dibidang Pemberdayaan dimana arahnya nanti Desa mampu memiliki Produk – Produk unggulan yang bisa membawa dampak yang positif bagi masyarakat desa itu sendiri. Dalam hal ini Bapak Sutarji menyinggung masalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang mana bila desa memiliki Bumdes dan bisa memiliki produk – produk unggulan secara otomatis akan mampu mengatasi masalah dasar Pemdes dibidang ekonomi. Dengan adanya ekonomi Produktif tentu efeknya sangat banyak sekali yang positif di masyarakat Desa misalnya tersedianya banyak lapangan kerja, peningkatan kemakmuran / kesejahteraan warga, melalui BUMDES maka Desa akan memiliki sumber pemasukan. Akan tetapi pesan dari Bapak Sutarji, bila kelak Desa landoh sudah memiliki BUMDES jangan sampai dengan adanya Usaha yang dikelola oleh BUMDES akan mematikan usaha yang sama milik warga Desa. Selain bicara tentang BUMDES beliau juga memberikan informasi terkait syarat pencairan Dana Desa Tahap I ditahun 2020 yaitu, desa harus melampirkan Laporan pencegahan Stunting.

Acara selanjutnya yaitu Laporan Pertanggung Jawaban APBDes 2019 yang dipimpin Ketua BPD Bapak Soekarno, dan dibacakan oleh Kasi Kesra Bapak Moh Nuril Huda. Dalam Pelaporan Pertanggung Jawaban APBDes 2019 berjalan lancar dan telah di Sahkan oleh Bapak Ketua BPD dan telah disetujui oleh peserta MUSDES.

Kemudian acara dilanjutkan dengan MUSRENBANGDes Penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan tahun 2020 dan usulan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2021. Dalam momen ini banyak sekali masukan, usulan dan bahkan kritikan baik dari lembaga desa maupun dari Tokoh masyarakat, akan tetapi acara tetap berjalan dengan lancar. Para pesertapun sangat aktif dalam memberikan usulan untuk pembangunan di wilayahnya.

Berikut beberapa usulan yang terkait dengan Pembangunan dari warga yang kami rangkum :

  1. Pembangunan Gedung Posyandu
  2. Pembangunan Cek Dump tidak hanya 1 titik akan tetapi 2 titik, misal di dekat Jembatan Kelamping dan sisi timur dari jembatan Landoh
  3. Rehap Sumur gayam
  4. Pembangunan Talud di RW 02 RT 04
  5. Lorong Pak Wardi kalau bisa dikasih tras
  6. Penataan saluran air di dekat Alm. Bapak Hamdan
  7. Pavingisasi dan Keramik untuk Madin
  8. Pembangunan Talud di belakang Bpk. Tasmin RW 5 yang sering longsor akibat abrasi air sungai
  9. Pembangunan akses jalan ke TK Sentana I
  10. Pembangunan Gudang TK
  11. Rehap Kantor TK Sentana II
  12. Pembangunan sport center seperti lapangan Voly, Gedung Badminton
  13. Pembangunan Pasar Desa.
  14. Embung untuk RW I dan II
  15. Pembangunan Jalan dari lapangan Sepakbola ke utara sampai ke jalan Desa Kerep ( Cafe JNT ) .

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar