INFO
  • MEMBIASAKAN YANG BENAR, BUKAN MEMBENARKAN YANG BIASA

KELOMPOK WANITA TANI LANGGENG TUNTUNAN DESA LANDOH

30 September 2019 Mas Bay Dibaca 859 Kali

SEJARAH KWT LANGENG TUNTUNAN 

KWT Langgeng tuntunan berdiri pada hari selasa, 17 Februari 2015 dihadiri oleh 20 ibu-ibu dari rumah tangga dan dari dinas pertanian. disaksikan oleh bapak kepala desa bapak Gandriyatno. dan diberi nama LANGGENG TUNTUNAN. ini bertujuan untuk memberi suri tauladan bagi ibu-ibu kelompok yang lain untuk memelihara lingkungan sektar rumah agar terlihat indah, rindang dan nyaman. 

KWT langgeng tuntunan juga memberikan kegiatan lain misal membuat olahan dari bahan non beras non trigu juga mengolah hasil pekarangan misalnya ketela, talas, kaerot untuk dibuat jajanan kering dan basah. selain itu KWT langgeng tuntunan juga sering mengikuti kegiatan lomba-lomba tingkat kecamatan dan kabupaten. 

KWT langgeng tuntunan merupakan kelompok wanita tani yang sadar dan peduli akan lingkungan sekitar. kelompok wanita tani Langgeng Tuntunan juga memelihara ternak kambing. yang bertujuan untuk menambah pendapatan keluarga.  kelompok Langgeng tuntunan sudah dua kali mendapat bantuan Kambing dari dinas peternakan. 

KWT langgeng tuntunan juga mendapat bantuan dari dinas pertaniat berupa bibit sayuran dan buah buahan.  semula anggota Kelompok wanita tani hanya 25 orang sekarang sudah mencapai 60 orang . kegiatan yang dilaksanakan juga semakin banyak. produk yang dihasilkan juga banyak. diantaranya adalah jahe instan, kripik mbote, kripik belut tempe, kripik bonggol pisang, keripik bayam dan aneka olahan lainnya. selain itu KWT Langgeng tuntunan juga memprduksi bebagai macam kerjinan yang berbahan dasar lontar. sebagai program pemanfaatan dan pengembangan inovasi desa. berbagai macam kerajinan yang ebrsal dari lontar diantaranya adalah priring lontar, tempat hantaran, piring lontar, tempat snack makanan dari lontar. 

KWT langgeng tuntunan memproduksi segala macam olahan di rumah ibu Sunarti selaku ketua kelompok tani Langgeng Tuntunan.  kelompok waita tani Langgeng tuntunan juga pernah mendapatkan pelatihan diantaranya pelatihan pembibitan dan penanaman tanaman di balai dinas pertanian kabupaten Rembang, pelatihan olahan Non Trigu Non Beras bertempat di kantor ketahanan pangan Kabupaten Rembang, pelatihan pengolahan susu kambing di dinas peternakan Kediri dan pelatihan pembibitan di ungaran. 

Lomba yang pernah diikuti adalah Lomba kudapan Non Trigu Non Beras tingkat kabupaten dan mendapat juara 2 , lomba merangkai sayuran mendapat juara harapan 2 , Lomba Hatinya PKK tahun 2017 Juara 3 , Tahun 2018 Juara 3 dan Tahun 2019 mendapat juara 2. 

Tanaman yang berada di lingkungan Rumah yaitu berupa sayuran Kangkung, Sawi, Bayam, Tomat, Cabe, Terong, Pepaya Jepang, Gambas, Dll. dan ada beberapa tamana buah. diantaranya adalah Pepaya, Jenuk Sunkis, Blimbing, Sawo, Klengkeng Dll. 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar