INFO
  • MEMBIASAKAN YANG BENAR, BUKAN MEMBENARKAN YANG BIASA

PELATIHAN PIK-R DAN KRR Desa Landoh

16 November 2019 Mas Bay Berita Desa Dibaca 1.300 Kali

PELATIHAN PIK-R DAN KRR DESA LANDOH KEC. SULANG KAB. REMBANG

Landoh, bertempat di Balai Desa Landoh, pada tanggal 16 November 2019 hari sabtu Pukul  09.00 wib, diadakan sebuah pelatihan kepada pemuda dan pemudi Desa Landoh yaitu Pusat Informasi Konseling Remaja dan Kesehatan Reproduksi Remaja. selain pelatihan juga dilakukan Re Organisasi PIK R itu sendiri. pelatihan yang dihadiri -/+ 35an pemuda dan pemudi desa Landoh berjalan sangat lancar yang disertai tanya jawab dari peserta pelatihan. kebanyakan peserta pelatihan adalah peserta baru dan beberapa peserta lama yang pernah mendapatkan pelatihan PIK R dan KRR. Pada pelatihan tersebut di hadiri oleh bapak Kepala Desa Landoh MOHAMMAD ALI MAKSUM dan dari PLKB Kec. Sulang Ibu Sri Hariyati serta beberapa perangkat Desa Landoh. Acara pelatihan sendiri di pandu oleh Bapak Kadus I yaitu Bapak Abdul Mufti, acara pertama yaitu Pembukaan , kemudian di lanjutkan dengan menyayikan Lagu Kebangsaan INDONESIA RAYA dan MARS KB secara bersama - sama, setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Kades MOHAMMAD ALI MAKSUM, dalam sambutannya beliau berpesan kepada para pemuda dan pemudi yang hadir dalam pelatihan tersebut agar serius dan memahami atas apa yang akan disampaikan oleh nara sumber nantinya dan mengamalkan ilmu yang akan didapatkan nantinya, karena ilmu tersebut sangatlah penting untuk menjalani kehidupan sehari - hari dengan melakukan hal - hal yang sangat positif sebagai generasi penerus Bangsa ini, dengan menjalani hidup yang sehat, hidup yang penuh dengan hal - hal positif mengingat dewasa ini godaan sebagai pemuda sangatlah berat mulai dari kehidupan free sex, alkohol, drug dan HIV AIDS. Tentu benteng terbesar adalah dari kita sendiri bagaimana caranya  kita membentengi diri kita sendiri dari hal - hal negatif tersebut.

Acara inti yaitu dari Nara Sumber PLKB Ibu Sri Hariyati, dimana dalam pemaparannya beliau menjelaskan apa itu PIKR dan KRR serta beliau juga memberi tau bagaimana cara salam Genre serta maksut dari salam genre tersebut.

PIK R itu apa sih ? 

PIK R merupakan singkatan dari kata Pusat Informasi dan Konseling Remaja.  Dalam buku Pedoman Pengolalaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswan (PIK R/M) , menyatakan bahwa Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa adalah salah satu wadah yang  dikembangkan dalam program GenRe, yang dikelola dari, oleh dan untuk Remaja/Mahasiswa guna   memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang pendewasaan usia perkawinan, delapan fungsi keluarga, TRIAD KRR (seksualitas, HIV dan AIDS serta Napza), keterampilan hidup (life skills), gender dan keterampilan advokasi dan KIE.

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa PIK R/M merupakan suatu kegiatan  yang dikelola, dari, oleh, dan untuk remaja supaya memberikan pelayanan informasi dan konseling yang bermanfaat mengenai rencana kehidupan berkeluarga remaja. Kemudian PIK R/M bertujuan umumnya untuk memberiikan informasi yang bermanfaat untuk para remaja seperti tentang informasi Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR), Pendewasaan usia perkawinan

PIK R/M diperlukan karena PIK R/M merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kehidupan remaja di masa sekarang dan di masa depan. Hal tersebut dikarenakan remaja adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan untuk mengubah kehidupan yang lebih baik. Apabila remaja di suatu bangsa dapat mengubah bangsa ke arah yang lebih baik, maka bangsa tersebut akan menjadi bangsa yang memiliki generasi-generasi penerus yang hebat. 

apa sih Kesehatan Reproduksi Remaja ( KRR ) ?

Kesehatan Reproduksi Remaja
Kesehatan reproduksi remaja adalah suatu kondisi sehat yang menyangkut sistem, fungsi dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja. Pengertian sehat disini tidak semata-mata berarti bebas penyakit atau bebas dari kecacatan namun juga sehat secara mental serta sosial kultural.

sebelum penutupan acara, ibu Sri Hariyati sendiri berpesan agar para pemuda yang hadir supaya terus menjaga diri dari segala sesuatu yang bisa merugikan diri kita sendiri dari hal - hal yang negatif. dan kedepannya diharapkan secara rutin untuk diadakan pertemuan dari PIKR itu sendiri.

selain pelatihan juga dilakukan reorganisasi dari PIKR itu sendiri

Sesuai Surat Keputusan Kepala Desa Landoh No. 08/XI/2019 tanggal 14 November 2019

Pelindung                            : Mohammad Ali Maksum

Penanggung Jawab            : Sunarno

Ketua                                   : Noval Ardi Kusuma

Wakil Ketua                          : Ariadi

Sekretaris I                           : Isna Catur

Sekretaris II                          : Septi Nur

Bendahara I                          : Evina Ade R

Sie Konseling Sebaya           : Tri Wahyuni

Sie Pendidikan dan Motivasi : Tri Yoga Budi

Sie Kesehatan                       : Devi Handa Lestari

Sie Seksualitas                      : Naila Hasna Nafisah

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar